Informasi Teknologi

APLIKASI NO HOAX

“Media sosial milik massa

Semua berita bisa diunggah

Wadah berekspresi mencurahkan isi hati

Sayangnya kebebasan salah menanggapi.

 

Beritanya sangat berani

Barangkali justru tidak mengerti

Kabar bohong di sana-sini

Menghasut memanaskan kondisi.

 

Hoax memang berita bohong

Cenderung menjebak dam merongrong

Terbius ulasan omong kosong.

 

Media sosial ada aturannya

Jangan menghina dan menghasut

Bebas dan bertanggung jawab

Memberikan informasi

Berita aktual dan faktual

Bebas SARA dan menjaga citra”

(Kutipan Puisi pak Gun, 7 Januari 2017)

 

Dibuka dengan sentuhan puisi karya pak Gun diatas, pasti kalian sudah tahu apa yang akan kita bahas kali ini. Yap, betul sekali, kali ini kita akan membahas tentang HOAX. Hoax sendiri itu berarti tipuan/mengakali pembaca agar mempercayai sesuatu namun sebenarnya berita tersebut bohong/tidak akurat.

Didapat dari kompas.com, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menambahkan fitur pelaporan berita bohong atau hoax di aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Langkah Mastel menambah fitur pelaporan hoax ini demi mendukung gerakan Turn Back Hoax. Mastel sebagai bagian dari elemen masyarakat mengangkat mekanisme crowdsourcing (urun daya) pelaporan berita fitnah dan hoax yang sudah dikembangkan oleh aktivis Turn Back Hoax.

Laporan tersebut akan langsung disampaikan Mastel kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif, sehingga nantinya bisa menjadi Basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator.

Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur Laporkan Hoax di aplikasi Mastel mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax agar tidak tersebar luas. Aplikasi Mastel untuk Android bisa diunduh di Google Play Store, sementara untuk platform iOS, pengguna bisa mengunduhnya di App Store.

Mari sama-sama gunakan sosial media dengan bijak dan tepat dan mari bergandeng tangan untuk lawan berita hoax demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih beradab.

About the author

himprote

Add Comment

Click here to post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *